Belajar linux - Cara cepat dan mudah Install zabbix 4.0 di ubuntu 18.04 | Anibar Studio


Anibar Studio - Asalamualaikum Wr Wb, Selamat pagi teman-teman, semoga kita selalu ada dalam lindungan dan pertolongan allah serta selalu di bimbing menjuju jalan yang diridhoinya, Aamiin

Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan tutorial buat teman-teman yang sedang belajar linux dan mempunyai keinginan untuk install aplikasi monitoring berbasis linux yang gratis, menurut saya aplikasi ini sudah sangat cukup kita gunakan untuk me-monitoring seluruh perangkat yang ada di kontor kita, fiturnya yang sangat mudah dan sangat lengkap untuk kita gunakan, tapi jika mencari tutorial, jangan harap tutorial tentang zabbix ini banyak, tutorialnya belum terlalu banyak dan walalupun ada biasanya bukan ber bahasa inggris, bisa berbahasa sepanyol atau india, sangat jarang sekali tutorial berbahasa indonesia, maka dari itu saya ingin membantu teman-teman yang sedang mencari tutorial ini namun membutuhkan yang ber bahasa indonesia, maka anda sudah masuk ke blog yang sangat tepat.

Pada dasarnya aplikasi zabbix ini sangat mudah dan sangat lengkap terlebih lagi bisa di kolaborasikan dengan aplikasi telegram untuk memberikan informasi secara cepat tentang kondisi perangkat jaringan yang kita kelola.

Tanpa memperpanjang waktu, saya akan mulai menulis tutorial Cara cepat dan mudah Install zabbix 4.0 di ubuntu 18.04 untuk teman-teman semua, silahkan perhatikan.


Tahap 1 | Install Apache Mysql dan PHP

pada tahap pertama kita akan menginstall web server Apache dan Databases Mysql beserta PHP dan paket-paket kebutuhan install si aplikasi zabbix, silahkan ikuti perintah dibawah ini.

#> sudo apt-get update
#> sudo apt-get install apache2 libapache2-mod-php
#> sudo apt-get install mysql-server
#> sudo apt-get install php php-mbstring php-gd php-xml php-bcmath php-ldap php-mysql

Perintah diatas adalah untuk mengupdate repository dan menginstall paket web server Apache, Mysql dan PHP  yang akan kita gunakan untuk prosess install aplikasi zabbix. Setelah prosess instalasi selesai maka selanjutnya kita setting timezone pada PHP yang sudah kita instal tadi, letaknya di /etc/php/PHP_VERSION/apache2/php.ini , silahkan buka denga editor text lalu tambahkan text date.timezone, perhatikan text dibawah ini.

[Date]
; http://php.net/date.timezone
date.timezone = 'Asia/Jakarta'


Tahap 2 | Memasukan zabbix ke dalam repository

Setelah selesai prosess instalasi web server maka selanjutnya kita memasukan zabbix kedalam repository ubuntu, silahkan ikuti perintah dibawah ini.

#> wget https://repo.zabbix.com/zabbix/4.0/ubuntu/pool/main/z/zabbix-release/zabbix-release_4.0-3+bionic_all.deb
#> sudo dpkg -i zabbix-release_4.0-3+bionic_all.deb


Tahap 3 | Install Zabix Server

Setelah zabbix ditambahkan ke reository ubuntu maka selanjutnya kita update kembali repository ubuntu kita lalu kita install zabbix-server-mysql, sabbix-frontend-php dan zabbix-agent. Silahkan ikuti perintah yang saya tulis dibawah ini.

sudo apt-get update
sudo apt-get install zabbix-server-mysql zabbix-frontend-php zabbix-agent

Tahap 4 | Membuat Databases untuk zabbix

Setelah prosess instalasi zabbix-server-mysql, sabbix-frontend-php dan zabbix-agent selesai maka kita harus mempersiapkan databases mysql yang akan kita gunakan untuk menyimpan seluruh data/aktifitas dari si aplikasi zabbix ini,  silahkan ikuti perintah dibawah ini.

#> mysql -u root -p

mysql> CREATE DATABASE zabbixdb character set utf8 collate utf8_bin;
mysql> CREATE USER 'zabbix'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';
mysql> GRANT ALL PRIVILEGES ON zabbixdb.* TO 'zabbix'@'localhost' WITH GRANT OPTION;
mysql> FLUSH PRIVILEGES;

Kita sudah selesai membuat databases, user dan passwordnya maka langakh ini harus kita ingat, jika anda mengikuti petunjuk saya diatas maka kita berhasil mendapatkan
databases : zabbixdb
user : zabbix
password : password

perlu kita ingat tahap 4 ini karena kita akan menggunakan apa yang sudah kita setting disini.


Tahap 5 | Edit Konfigurasi file zabbix

Selanjutnya kita cari file konfigurasi zabbix yang terletak di /etc/zabbix/zabbix_server.conf dan silahkan tambahkan secript dibawah ini.

  DBHost=localhost
  DBName=zabbixdb
  DBUser=zabbix
  DBPassword=password

perlu kita fahami bahwa yang kita tambahkan iatas itu adalah hasil dari tahap 4 yang sudah kita lewati. Selanjutnya kita restart Apache dan zabbix dengan perintah dibawah ini.

#> sudo service apache2 restart
#> sudo service zabbix-server restart


Tahap 6 | Install Zabbix frontend

Ini adalah tahap terakhir yang akan kita lakukan, pastikan teman-teman masih mengingat pengaturan yang sudah kita lakukan pada tahap 4. Selanjutnya kita membuka browser bisa Chrome, Mozila atau Opera lalu aksess server dengan cara ketik http://IP-SERVER/zabbix maka akan terbuka seperti pada gambar dibawah ini.


ini adalah halaman frontend dari si zabbix, silahkan klik Next Step untuk melanjutkan tahap instalasi, maka akan keluar seperti gambar dibawah ini.


disana akan terlihat paket php yang kita butuhkan, pastikan setatusnya OK semua, selanjutnya klik Next Step untuk melanjutkan tahap instalasi.


Tahap ini adalah tahap konfigurasi Databases, saya harap teman-teman semua tidak lupa pada step 4 tadi, silahkan masukan data databases kita dan lanjut dengan klik Next Step maka akan terbuka halaman selanjutnya.


Selanjutnya kita input pada kolon name "Zabbix Server" (optional) nama ini bisa diubah pada halaman admin setelah selesai tahap instalasi, selanjutnya klik Next Step dan akan terbuka halaman seperti pada gambar dibawah ini.


ini adalah tahap pemeriksaan konfigurasi yang sudah kita masukan sebelumnya, klik Next Step jika dirasa semuanya sudah sesuai, maka akan terbuka halaman selanjutnya,perhatikan gambar dibawah ini.


Selamat, tahap instalasi sudah selesai, kita sudah berhasil menginstall Zabbix Server, Aplikasi untuk monitoring server dan jaringan, silahkan klik Finish untuk menyelesaikanya dan menuju ke halaman login. Selanjutnya akan terbuka seperti gambar dibawah ini.


Silahkan login dengan menggunakan user :
User : Admin
Pass : zabbix
Maka akan terbuka halaman dashboard seperti pada gambar dibawah ini.


Selamat kita sudah berhasil menginstall Zabbix Server.


Catatan :
yang saya tulis diatas adalah pengalaman pribadi
jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, berkomentarlah dengan baik dan sopan.


Terimakasih atas perhatianya dan semoga bermanfaat.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Belajar linux - Cara cepat dan mudah Install zabbix 4.0 di ubuntu 18.04 | Anibar Studio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel