Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat bot dan grup di telegram dengan mudah - Anibar Studio



Anibar Studio - Asalamualaikum Wr Wb, selamat pagi teman-teman semuanya semoga hari ini adalah hari dimana kita membiasakan memulai pekerjaan kita dengan sebanyak-banyaknya memjui kepada Allah, Aamiin.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial yang insyaa Allah cukup bermanfaat buat saya terutama dan buat teman-teman semua juga yang membutuhkan yaitu Cara membuat bot dan grup di telegram dengan mudah.

Saya membuat bot dan grup di telegram ini biasanya untuk memonitoring sebuah aplikasi dan juga untuk memonitoring server dan jaringan yang ada di tempat saya bekerja, jadi setiap ada kendala apapun saya bisa lebih awal mengetahuinya dan bisa dengan segera merapihkanya agar semua pegawai tidak terhambat dalam melakukan pekerjaanya, maklumlah di zaman sekarang zaman yang namanya internet itu sudah menjadi kewajiban pokok yang harus menemani semua orang dalam bekerja, terutama kerja di kantor, mengirim email, menerima email, membalas komplain dan lain sebagainya semuanya serba menggunakan akses internet, sudah tidak zaman lagi orang datang.

Baiklah kita kembali ke topik utama, bahwa bot ini bisa kita gunakan untuk memantau Aplikasi yang kita buat, ketika ada error lognya langsung masuk ke telegram dan kita bisa dengan cepat memperbaikinya, bisa juga kita masukan ke dude monitoring mikrotik atau di aplikasi monitoring zabbix dan nanti saya insyaa allah akan membuat tulisan selanjutnya bagaimana menghubungkan bot telegram dengan zabbix dan mikrotik.

Tahap 1 | Membuat Bot


Untuk tahap pertama Cara membuat bot dan grup di telegram adalah, pastikan bahwa kalian sudah mengnstall aplikasi telegram, jika belum silahkan buka Play Store dan cari aplikasi telegram lalu instal, setelah instal silahkan registrasi dengan menggunakan nomer hp kalian yang kalian gunakan, sampai disini saya rasa kalian sudah selesai dengan ini.

Tahap selanjutnya adalah, silahkan cari yang namanya BotFather pada kolom pencarian, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.


Setelah ketemu silahkan klik Bot Father yang saya tandai dengan angka 2, perhatikan gambar diatas, setelah masuk ke BotFather mari ita mulai membuat bot kita dengan cara silahkan anda ketik /start, perhatikan gambar dibawah ini.


Sampai disini kita sudah memulai dan BotFather sudah memberitahu perintah-perintah yang bisa kita gunakan, yang akan kita lakukan disini adalah membuat bot, maka silahkan ketik atau bisa juga dengan klik /newbot, dan selanjutnya kita akan diminta memasukan nama bot yang akan kita buat, perhatikan bawha nama bot yang akan kita buat harus diakhiri dengan text bot, contoh, anibarstudiobot, anibarstudio_bot, pudinteabot, pudintea_bot, dan sebagainya, perhatikan gambar dibawah ini.


Perhatikan pada gambar diatas, kita sudah berhasil membuat satu buah bot dan saya juga diberikan Token untuk mengaksess bot tersebut, perlu kita simpan dan kita catat Token tersebut guna untuk mengsingkronkan dengan aplikasi yang akan kita gunakan, saya ingatkan kembali perlu kalian simpan karena ini akan kita butuhkan.

Selanjtnya silahkan ke kolom pencarian dan kalian ketik nama bot yang sudah kalian buat, setelah ketemu silahkan klik dan langsung klik mulai/start.

Tahap 2 | membuat grup


Selanjutnya kita akan membuat grup, grup dibutuhkan agar setiap infrmasi yang dikirim oleh bot, tidak hanya kita yang mengetahuinya tapi teman-teman kita-pun yang berada dalam grup tersebut akan mengetahuinya, jadi logikanya bahwa kita memerintahkan bot agar setiap laporan dimasukan kedalam grup, kurang lebih seperti itu.

Untuk tahap pertama membuat grup adalah, silahkan buka telegram dan klik menu yang ditandai dengan 3 garis yang ada di sebelah kiri atas, perhatikan gambar dibawah ini.


Setelah di klik, maka akan keluar beberapa menu, silahkan pilih New Group, perhatikan gambar dibawah ini.


selanjutnya akan dibawa kehalaman siapa saja yang akan kita masukan kedalam grup tersebut, perhatikan gambar dibawah ini.



Jangan lupa dimasukan bot yang tadi kita buat ke dalam grup tersebut, perhatikan gambar diatas, di tahap selanjutnya kita memberikan nama untuk grup tersebut, silahkan lihat gambar di bawah ini.



Sampai tahap disini maka kita sudah berhasil membuat bot, membuat grup dan memasukan bot kita kedalam grup.

saya rasa sampai disini sudah cukup mudah di fahami,

Catatan:
mohon maaf jika bahasanya smrawut, yang saya bahas diatas adalah pengalaman pribadi saya.
Saya menggunakan Telegram desktop : Cara membuka telegram di browser komputer
jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar, biasakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terimakasih atas perhatianya dan semoga bermanfaat.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Anibar Studio
Anibar Studio Seorang pemuda dari kampung yang pekerjaanya sebagai petani tapi disisi lain mempunyai hobi juga dibidang teknologi.

Post a Comment for "Cara membuat bot dan grup di telegram dengan mudah - Anibar Studio"