Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat kategori postingan di website - wordpress | Anibar Studio



Tutorial Tips dan Trik - Asalamualaikum Wr Wb, selamat pagi teman-teman semua semoga kia semua selalu ada dalam lindungan Allah dan semoga allah selalu menolong dalam setiap masalah yang kita hadapi, Aamiin.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial buat teman-teman semua bagaimana cara membuat kategori postingan di website yang dibangun dengan menggunakan CMS wordpress, saya mau minta tolong kepada teman-teman semua untuk memperhatikan text yang saya tandai dengan kotak hitam pada gambar di atas, nah itulah kategori yang biasanya muncul pada setiap postingan yang kita unggah di website, adapun posisi text itu sendiri tergantung settingan tema yang kita gunakan, tidak selalu ada di atas judul postingan seperti yang saya tunjukan di atas.

Untuk apa kategori ini.?! sebetulnya kita bisa menterjemahkan sendiri darinamanya yaitu kategori berfungsi untuk mengkategorikan (me-nata) setiap postingan yang kita unggah di website, jadi ketika orang mengklik sebuah kategori misalnya dengan judul Technology maka yang akan tampil adalah semua postingan yang kita unggah yang berhubungan dengan teknologi dan itu akan mempermudah bagi si pembaca dan terlebih lagi kategori dalam setiap postingan sangat berpengaruh pada pengoptimalan di mesin pencari seperti google, yahoo, yandex dan lain-lain, dimana ketika ada orang yang mencari artikel pada mesin pencarian dengan menggunakan tema teknologi maka website kita akan berkesempatan besar untuk ditampilkan pada pencarian tersebut.

Sebelum kita menuju ke tahap selanjutnya, tidak lupa saya ingatkan terlebih dahulu agar teman-teman semua melakukan logik ke admin websitenya dengan menggunakan username dan password yang pernah saya berikan.

samapi disini saya anggap teman-teman sudah selesai melakukan login, selanjutnya kita akan masuk ke halaman kategori dengan cara mengklik menu Categories yang ada dalam menu Posts, perhatikan gambar dibawah ini.


Selanjutnya kita akan dibawa kedalam menu kategori, perhatikan pada halaman sebelah kiri yang ada tulisan Add New Category silahkan isi pada kolom data kategori sesuai dengan kebutuhan kita, perhatikan gambar dibawah ini.


dalam contoh diatas saya akan membuat satu kategori dengan nama Berita, jika sudah di isi semua jangan lupa meng-klik tombol Add new Category di bawah yang saya tunjuk dengan panah.

Sampai disini kita sudah selesai membuat kategori, untuk cek kategori yang kita buat, silahkan cek di sebelah kanan pada halaman kategori, perhatikan gambar dibawah ini.


dalam gambar di atas, kategori yang tadi saya buat sudah ada dan siap digunakan, untuk menggunakan kategori ini nanti akan saya jelaskan juga pada postingan saya selanjutnya yang berjudul Cara posting artikel di website.


Catatan :

  • Saya menggunakan CMS Wordpress
  • Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar, biasakan berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan.
  • Jika tertarik membuat website, silahkan hubungi saya melalui kontak yang tertulis pada blog ini.


Terimakasih atas perhatianya semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Anibar Studio
Anibar Studio Seorang pemuda dari kampung yang pekerjaanya sebagai petani tapi disisi lain mempunyai hobi juga dibidang teknologi.

Post a Comment for "Cara membuat kategori postingan di website - wordpress | Anibar Studio"