Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara singkat Install Windows 10 di komputer atau laptop



Asalamualaikum Wr Wb.
Anibar Studio - Pada kesempatan kali ini akan berbagi tips dan trik bagaimana Cara singkat Install Windows 10 di komputer atau laptop

Persiapan Install

Sebelum melakukan intalasi Windows pada perangkat komputer atau laptop Anda. harus di pastikan dahulu beberapa hal berikut,

Spesifikasi Hardware


  • Processor 1 Ghz
  • 1 GB RAM untuk 32-bit dan 2GB RAM untuk 64-bit
  • 16 GB Ruang HDD Kosong
  • Grapichs Card : DirectX 9
  • Spesifikasi diatas adalah minimum agar windows 10 dapat berjalan dengan normal.


Batery yang Cukup

Selanjutnya adalah sebelum Anda melakukan Instalasi pastikan batery laptop Anda dalam keadaan penuh karena proses instalasi yang cukup memakan waktu ( tergantung hardware juga, semakin tinggi spesifikasi semakin cepat pula ).

Jika kondisi batery laptop anda dalam keadaan kurang sehat anda bisa melakukan instalasi sambil di mencolokan adaftor laptop tersebut ke listrik. Ini penting Anibar Studio sampaikan agar proses install bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Jika Anda melakukan instalasi melaui DVD Windows 10 tentunya Anda harus memastikan bahwa laptop atau komputer Anda memilki DVD ROM. Karena tidak mungkin bisa di install windows 10 via DVD kalau DVD ROM nya tidak ada.

sebelum melanjutkan silahkan setting bios terlebih dahulu pada komputer atau laptop anda agar prosess instalasi berjalan dengan semestinya.
Untuk cara setting BIOS, Silahkan baca: DISINI

Sekarang kita masuk ke tahap Proses Install (Ulang) Windows 10

Silahkan masukkan DVD Intaller Windows 10 Anda pada DVD ROM atau Flashdisk Bootable Windows 10 pada perangkat Anda. Kemudian hidupkan Komputer atau laptop Anda. jika muncul seperti di bawah silahkan anda tekan tombol Enter pada keyboard Anda


Silahkan anda ubah opsi yang ada di bawah ini sesuai kebutuhan anda, saran saya sih default aja, selanjutnya klik Next.
Perhatikan gambar di bawah ini :


Selanjutnya anda pilih tombol Install Now, Perhatikan gambar dibawah ini:


Jangan lupa untuk mencentang I accept the license term dan pilih Next, Perhatikan gambar dibawah ini :


Selanjutnya akan muncul pertanyaan bagaimana anda akan mengatur partisi pada hardis anda yakni Upgrade dan Custom, Silhkan Anda pilih Custom saja, Perhatikan gambar dibawah ini :


Selanjutnya akan keluar halaman bagaimana anda mengatur partisi pada hardis anda, perhatikan dan sesuaikan saja pengaturanya dengan gambar dibawah ini :


Saya akan mejlaskan sedikit tentang gambaran partisi yang saya bauat di atas,

  • Drive 0 Partition 1: System Reserved (Ini adalah system yang otomatis dibuat oleh windows biasanya digunakan untuk menyimpan file boot windows)
  • Drive 0 Partition 2 (Partisi untuk anda menyimpan Sistem Oprasi - OS, biasanya berlabel C:)
  • Drive 0 Partition 3 (Ini adalah data penyimpanan tambahan, agar terbisah dengan partisi 2, kelebihanya dipisan seperti ini adalah, jika windows anda ingin diinstall ulang, data anda akan aman jika disinpen disini, biasanya berlabel D:)

Kalau sudah selesai, selanjutnya kita klik tombol Next, dan tunggu sampai prosess instalasi selesai, Perhatikan gambar dibawah ini :



Mungkin cukup sekian tentang Cara singkat Install Windows 10 di komputer atau laptop semoga tulisan ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar dengan baik dan sopan.
terimakasih atas perhatianya.
Anibar Studio
Anibar Studio Seorang pemuda dari kampung yang pekerjaanya sebagai petani tapi disisi lain mempunyai hobi juga dibidang teknologi.

Post a Comment for "Cara singkat Install Windows 10 di komputer atau laptop"