Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 M401n

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yang sanagt penting buat kamu yang bekerja sebagai IT Support di kantor, dimana setiap ada permasalahan internet dan komputer bahkan printer kamu harus bisa menyelesaikanya dengan cepat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 M401n.

Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 m401n Lengkap dan tahapan-tahapan mengatasi masalah printer


BACA JUGA :


Sebelum saya membahas tentang tutorial ini maka saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu printer,
Printer adalah sebuah perangkat eksternal komputer yang sangat banyak sekali digunakan baik di kantor atau sekolah bahkan di tempat-tempat lainya untuk menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan, Atau printer bisa juga diartikan sebagai perangkat elektromekanik yang dapat mengubah data digital ( bisa text atau gambar ) menjadi bentuk fisik, dan data yang di cetak bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya.

Perlu teman-teman ketahui juga bahwa sebelum kita mereset sebuah printer saya sangat menyarankan untuk mengikuti beberapa langkah yang akan saya sampaikan ini terlebih dahulu, karena mereset artinya mengembalikan semua pengaturan ke awal seperti saat printer tersebut kita beli, apa saja langkah-langkahnya?, perhatikan di bawah ini :

Periksa Kabel USB Printer
Ada kalanya saat printer tidak bisa digunakan itu terjadi karena kabel USB tidak terhubung ke komputer dengan benar, pastikan port USB komputermu berfungsi dan terhubung kepada port yang semestinya dan kabel yang digunakan juga berfungsi dengan baik.

Periksa Kabel LAN Printer
Jika kamu menggunakan printer jaringan yang di koneksikan dengan kabel LAN, maka periksa terlebih dahulu kabel lan tersebut, saya pernah menemukan beberapa kasus diantaranya karena kabel lan tidak berfungsi, bisa di gigit oleh tikus atau tidak terhubung dengan baik ke switch internet atau bahkan konektor Rj45 pada kabel lan tersebut sudah rusak, maka silahkan periksa terlebih dahulu dan pastikan bahwa kabel lan berfungsi dengan baik, jika kabel lan berfungsi dengan baik tapi tidak terhubung juga ke komputer, maka cobalah dengan mencabut colok kabel lan tersebut.

Periksa Koneksi WIFI Printer
KAlau printermu menggunakan koneksi Nirkabel seperti WIFI, maka periksalah koneksi printer dengan wifi tersebut, pastikan printer terkoneksi dengan wifi atau bisa juga dengan cara merestart (cabut colok kabel power) wifi yang kamu gunakan, biasanya terkadang wifi suka mengalami error ketika sudah lama di hidupkan.

Restart Printer
Silahkan coba di restart printermu dengan cara menekan tombol power off (3 detik) sampai printer berbunyi dan lampu indikator power mati, setelah itu silahkan hidupkan kembali printermu dan cobalah melakukan print.

Cabut Colok Kabel Listrik Printer
Jika tahapan di atas belum bisa juga, sudah kamu pastikan bahwa koneksi USB/ Jaringan ke printermu terkoneksi dengan baik, maka silahkan coba cabut kabel power, tunggu selama 10 detik lalu colok kembali ke printermu, jika printermu sudah bisa digunakan, maka sampai disini kamu tidak perlu melakukan reset printer.

Perlu teman-teman ketahui bahwa tahapan-tahapan yang saya tulis di atas, tidak perlu dilakukan semuanya ketika printermu sudah bisa digunakan walaupun dengan satu tahapan saja.

Jika kamu sudah mentok, semua sudah kamu lakukan, printer terkoneksi dengan baik tapi tetap saja tidak bisa melakukan print data, maka kamu sepertinya perlu mereset printer tersebut, sebelum kamu melakukan reset saya sarankan untuk membackup semua settinganya terlebih dahulu seperti password (jika ada) atau Ip Address (jika ada) dan lain sebagainya. Untuk tahapan cara mereset printernya, silahkan perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 m401n Lengkap dan tahapan-tahapan mengatasi masalah printer


Cara Reset Printer HP Laserjet Pro 400 m401n

1. Silahkan kamu matikan printermu dengan cara menekan kurang lebih 3 detik tombol power.
2. Pastikan bahwa printer sudah off/mati.
3. Silahkan kamu tekan bersamaan tombol X, tombol panah arah kanan dan tombol power (hidupkan), perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 m401n Lengkap dan tahapan-tahapan mengatasi masalah printer
Tombol X dan tombol arah kanan

Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 m401n Lengkap dan tahapan-tahapan mengatasi masalah printer
Tombol Power


4. Setelah terlihat indikator printer sedang merestart maka silahkan lepaskan tangan yang sedang menekan tombol power (Tombol X dan tombol panah arah kanan masih tetap di tekan), tunggu 5 detik dan lepaskan semua.
5. Sampai disini sudah selesai, harusnya kamu sudah berhasil mereset semua pengaturan printermu dan silahkan konfigurasi ulang sesuai dengan kebutuhan.

Disclaimer
Saya mempraktekan cara tersebut pada Printer HP Laserjet Pro 400 m401n dan berjalan dengan baik, mungkin ada beberapa seri printer yang hampir mirip tapi saya tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan atau kerusakan karena saya hanya berbagi dengan apa yang pernah saya lakukan.

Kesimpulan
Saya harap mereset pengaturan adalah langkah terakhir yang kamu lakukan dan cobalah dengan tahapan-tahapan yang saya tulis di awal, semoga saja dengan beberapa tutorial di atas printermu sudah bisa digunakan kembali.

Penutup
Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 M401n. semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat.
Anibar Studio
Anibar Studio Seorang pemuda dari kampung yang pekerjaanya sebagai petani tapi disisi lain mempunyai hobi juga dibidang teknologi.

Post a Comment for "Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 M401n"