Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Mencari Malam Lailatul qadar | Anibar Studio



Anibar Studio - Sesungguhnya malam lailatul qadar itu ada di Bulan Ramadhan, malam yang sangat mulia dan istimewa sehingga banyak ummat islam yang selalu menantikan dan sengaja beribadah semalaman demi untuk mendapatkan malam lailatul qadar.
Malam lailatul qdaar itu bisa kita temui pada bulan suci Ramadhan dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 30, datangnya malam inipun sangat rahasia karna yang tau hanyalah para wali dan kekasih-kekasih Allah, maka dari itu carilah selama satu bulan penuh

Kita pernah mendengar malam di turunkanya al-quran adalah tanggal 17 Ramadhan dan itu bertepatan dengan malam lailatul qadar pada saat itu, makanya saya menjelaskan bahwa malam lailatul qadar itu bisa kita jumpai dari tanggal 1 sampai tanggal 30 Ramadhan.

Keutamaan malam lailatul qadar adalah malam yang sangat mulia bahkan lebih baik daripada 1000 bulan atau sekitar 83,3 Tahun, alangkah mulia jika malam ini kita gunakan untuk beribadah dan ber munajat kepada Allah SWT.

Untuk kita yang menunggu kedatangan malam yang mulia ini ada kabar gembira yang datang dari Kekasih kita, manusia termulia yaitu Nabi Muhamad SAW. Rasulullah saw pernah bersabda yang artinya
“Carilah Lailatul Qadar itu pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. ” (Bukhari dan Muslim)

Aisyah Rah pernah berkata yang tertulis dalam kitab shahih Al-bukhari dan Muslim yang artinya :
“Bila masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah saw. mengencangkan kainnya (menjauhkan diri dari menggauli isterinya), menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari dua hadis di atas, kita di permudah untuk memaksimalkan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan karna di 10 hari itu yang paling diharapkan datangnya lailatul qadar terutama pada tanggal-tanggal yang ganjil, misal tanggal 21, 23, 25, 27, 29

Dalam kitab-kitab fiqih khusunya fiqih madhab syafi'iyah ditemukan rumusan baru yang di susun oleh Imam Al Ghazali, yaitu bisa di tentukan dari hari pertama dilaksanakanya puasa, mari kita lihat susunan dibawah ini.
  1. Jika hari pertama jatuh pada malam Ahad atau Rabu maka Lailatul Qadar jatuh pada malam tanggal 29 Ramadhan
  2. Jika malam pertama jatuh pada malam Senin maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 21 Ramadhan
  3. Jika malam pertama jatuh pada malam Kamis maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 25 Ramadhan
  4. Jika malam pertama jatuh pada malam Sabtu maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 23 Ramadhan
  5. Jika malam pertama jatuh pada malam Selasa atau Jumat maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 27 Ramadhan.
Dari semua yang saya uraikan di atas, silahkan simpulkan masing-masing berdasarkan 3 Rumus yang sudah saya jelaskan di atas.

Terimakasih banyak
Semoga Bermanfaat..


Pudin Petani
Pudin Petani Seorang petani yang suka dengan teknologi

1 comment for "Rumus Mencari Malam Lailatul qadar | Anibar Studio"

  1. Tips yang bermanfaat, Masalahnya aku baru baca habis lebaran:( gapapa bermanfaat buat lebaran tahun depan.

    ReplyDelete