Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur BIOS di komputer atau laptop

Anibar Studio - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana Cara Mengatur bios di komputer atau laptop untuk prosess install OS.

Sengaja saya tulis tutorial ini untuk anda yang sedang bingung bagaimana cara mengatur bios untuk prosess install ulang laptop atau komputer, dan kebetulan sayapun sedang ada kasus untuk menginstall windows 10, jika teman-teman ingin tahu juga, silahkan simak tulisan saya ini.

Untuk masuk ke BIOS Anda bisa menekan tombol DEL secara berulang kali ketika komputer atau laptop pertama kali di hidupkan, setiap perangkat berbeda tidak musti tombol DEL, bisa juga melalui tombol F1, F2 dll.

Jika anda berhasil masuk ke bios, biasanya tampilanya seperti dibawah ini :



Jika sudah masuk ke menu BIOS silahkan geser ke tab Boot, caranya dengan menekan tombol arah kanan pada keyboard, kemudian atur CD-ROM Driver agar terletak pad urutan paling atas, cara mengaturnya dengan menekan tombol ( – ) atau (+) di keyboard. Jika Anda melakukan instalasi windows 10 dengan Flashdisk maka yang menjadi priority adalah Volume Flashdisk Anda (Volume Bootabel Flashdisk).

Perhatikan gambar dibawah ini :


Ketika pengaturan BIOS sudah sesuai dengan kebutuhan silahkan Simpan Pengaturan dan Restart, caranya Anda tinggal menekan tombol F10 kemudian Enter.

Perhatikan gambar di bawah ini:



Selanjutnya komputer akan melakukan restart dan anda bisa langsung melanjutkan ke prosess instalasi yang akan anda lakukan.

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Cara Mengatur BIOS di komputer atau laptop untuk install Sistem Oprasi (OS)

Terimakasih atas perhatianya dan semoga bermanfaat.
Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar dengan baik dan sopan,
Anibar Studio
Anibar Studio Seorang pemuda dari kampung yang pekerjaanya sebagai petani tapi disisi lain mempunyai hobi juga dibidang teknologi.

Post a Comment for "Cara Mengatur BIOS di komputer atau laptop"