Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah membuat Security PHP dengan SuPhp

Cara Mudah membuat Security PHP dengan SuPhp


Anibar Studio - Pada kesempatan kali ini saya akan bergagi buat teman-teman semua tentang salahsatu pengamanan webserver yaitu Cara Mudah membuat Security PHP dengan SuPhp.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keamanan adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan terutama bagi kita yang memiliki pekerjaan sebagai seorang sysadmin dari sebuah server, keamanan data yang ada dalam server kita adalah preoritas utama yang sangat mutlak, maka dari itu Anibar studio akan mengajak teman-teman semua untuk mengenal apa itu SuPHP.

SuPHP ini adalah sebuah module Apache (mod_suphp) dan stuid root binary yang dibunakan oleh mod Apache untuk mengubah uid dari prosess eksekusi PHP.

SuPHP Adalah sebuah Tools yang biasa digunakan untuk menambah keamanan server yang kita gunakan, terutama buat kalian yang bisa menggunakan PHP, dari namaya saja sudah terlihat bahwa ini untuk PHP, dengan kita menggunakan tools ini setiap secript php tidak dapat dijalankan tanpa seijin pemiliknya, sangat cocok sekali untuk keamanan.


Lalu bagaimana cara mempergunakanya?, silahkan simak penjelasan saya dibawah ini:

Tahap Instalasi

Untuk menginstall Mod SuPHP silahkan gunakan perintah dibawah ini:

# sudo apt-get install libapache2-mod-suphp


Selanjutnya kita disabled modul PHP, gunakan perintah dibawah ini:

# a2dismod php5

Selanjutnya restart Apache di webServer kita dengan menggunakan perintah:

# service apache2 restart

atau

# /etc/init.d/apache2 restart


Selesai, sampai disini kita sudah berhasil menginstall dan mengkonfigurasi SuPHP
Tapi perlu saya jelaskan juga, buat kamu yang menggunakan folder (direktori) selain /var/www/html sebagai lokasi penyimpanan source code website/aplikasi anda, maka harus ada sedikit perubahan pada file /etc/suphp/suphp.conf pada bagian :

;Path all scripts have to be in
docroot=/var/www/html =>silahkan ubah ke lokasi source code website/aplikasi anda,

Selanjutnya kita testing SuPHP
Silahkan buat secrip seperti ini:


<?php
system('id');
?>


Mungkin cukup sekian tulisan saya tentang Cara Mudah membuat Security PHP dengan SuPhp, Terimakasih atas perhatianya, semoga bermanfaat.
Anibar Studio
Anibar Studio Seorang pemuda dari kampung yang pekerjaanya sebagai petani tapi disisi lain mempunyai hobi juga dibidang teknologi.

Post a Comment for "Cara Mudah membuat Security PHP dengan SuPhp"